Sunday, February 5, 2012

Review Ozone Radon 3k


Ozone Radon 3k laser mouse


Pabrikan eropa ini telah merilis mouse sukses mereka Ozone Smog yang desainnya sampai ditiru hampir persis oleh powerlogic alien G11. Tidak terlena dengan kesuksesan, maka mereka segera merilis versi perbaikan mouse mereka dan lahirlah tiga versi mouse dengan bentuk sama, hanya berbeda pada sensornya yaitu seri Opto (Optical), 3k dan 5k (Laser).


Unit yang akan direview laopan kali ini adalah seri Radon 3k. Yaitu seri laser mouse dengan DPI maksimal 3200. Kemasannya menarik tapi sederhana sekali, dan penggunaan bungkus mika menyebabkan bila pada pengiriman atau penyimpanan tidaklah rapi akan cepat tergores-gores dan hal ini membuat boxnya cepat kotor. Namun postifnya lebih tahan cipratan air.

Kemasannya minim, hanya box dari mika, karton pembatas tipis, driver, unit, dan manual. Mungil tapi efisien.

Tampangnya memang gahar sekali, sulit bagi laopan untuk mengabaikan produk ini. Walau mouse lain menawarkan kelap kelip sampai bentuk yang aneh-aneh. Tapi mouse yang ini memang sexy sekali.


Warna merah, biru dan lila menandakan profil manakah yang anda pilih. Tak banyak kelak kelip tapi kombinasi bentuk, warna, dan lampunya sangat keren.

Spesifikasinya :

- Professional gaming laser sensor Philips PLN 2030
- 8 buttons (7 programmable)
- Adjustable resolution from 100 to 3200 dpi
- Accurate and predictable motion reporting up to 2.25m/s
- Macro and Script functions
- USB full speed
- USB report rate with 4 selectable levels (1000 Hz Max.)
- Hardware data saving technology
- Included Software for personal configuration (Windows only)
- Adjustable weight (includes 5x 4.5g weights).
- Dimensions: 122.43 x 70.64 x 43.7 mm (length x width x height)
- Weight: 135 +/- 5 g (with cable and weights)
- Cable length: 2 m
- Power consumption: <100 mA 

Bentuknya bongsor tidak bersahabat buat tangan mungil. Pada pemakaian pertamapun butuh penyesuaian yang agak lama. Untuk pemakaian palmgrip, sudah tidak perlu bicara laopan jamin enak bener grip mouse ini, untuk pemakaian claw dan finger mungkin butuh penyesuaian dengan ukuran dan dudukan jari manisnya. Kebetulan laopan mencoba untuk mengetesnya membutuhkan sedikitnya 2 hari untuk benar-benar bisa menikmati radon 3k ini. Kesan pertama adalah penyesuaian jari manis karena laopan adalah tipe fingertips, kedua kliknya yang sangat keras butuh tenaga ekstra untuk memencetnya. Mirip steelseries kinzu kerasnya.


 Sudah kewajiban konektor dan kabel seperti ini didunia gaming yang selalu berhubungan dengan lag




Ozone sepertinya tidak main-main kali ini, 7 tombol yang disematkan semuanya sangat mudah dijangkau. Laopan paling senang dengan tombol standar pengganti dpinya, seperti switch lampu kedepan dan kebelakang. Lampu indikator untuk profil dan 4 tingkatan dpi sangat jelas sekali.

Yang paling laopan suka adalah sistem drivernya sangat sederhana tapi sangat efektif.


Anda tidak pernah perlu menginstallnya, hanya cukup file sebesar 22mb ini disimpan kedalam flashdisk atau dimanapun. Langsung panggil, interfacenya sederhana tapi jelas. Penggunaan setting macro mudah, bahkan sudah disediakan beberapa macro seperti continuous shot (menembak tanpa henti). Internal memori pada mouse merekam settingan yang kita siapkan. Jadi bila ke gamenet, anda tidak perlu susah susah menginstall driver dan mensettingnya ulang. Cukup setting dirumah persis seperti anda berlatih. Menarik bukan?

Performanya mouse ini tergolong tidak manja, jalan di mousepad manapun tidak rewel. Ada beberapa reviewer mengeluhkan adanya Z-axis problem dimana diangkat maka mouse akan bergerak kearah jam 5 sebanyak 1cm. Sebenarnya pada prakterknya hal ini tidak mengganggu sama sekali dalam proses bermain. Jika kita mengangkatnya lurus keatas dalam kondisi diam, ya memang kadang-kadang seperti yang dibicarakan reviewer lain. Namun jangan khawathir, pada waktu bermain anda bebas mengangkat sambil bergerak tanpa ada kendala z-axis maupun lift distance problem bahkan anda mengangkatnya dalam jarak yang sangat rendah.

Kemampuan dari mouse ini luar biasa, untuk pemain dengan resolusi rendah dan dpi rendah sudah cukup mumpuni, bila tidak puas bisa naik pangkat ke radon 5k yang mendapat bonus weight bag. Akurasinya baik, responsif tidak licin, berbobot.


Fitur tambahannya berupa cable management, anda bisa mengatur keluarnya kabel dengan mengubah jalur kabel dibawahnya. Hal ini lumayan membantu pengiritan pembelian mouse bungee pada meja yang kecil dan sempit, namun tidak terlalu berguna bila tidak ada permasalahan kabel. Juga kita bisa mengubah-ubah berat mouse dan mengurangi/menambah beban yang ada dikompartmen bawah sesuai keinginan kita.


Singkat kata, ini adalah mouse bongsor yang baik. Rival beratnya adalah ttesports black yang memiliki plus dan minus tersendiri seperti klik yang lebih empuk dan lebih friendly kepada pengguna fingertips dan pemain pengangkat mouse karena grip yang lebih baik.

Dengan harga Rp.425.000,- mouse ini masuk persaingan dalam jajaran kelas mid low (ttesports black, powerlogic alien G11, cmstorm spawn, razer abyssus, steelseries kinzu v2 pro). Anda bisa mempertimbangkan produk yang satu ini.

Hanya saja memang mouse ini ditujukan untuk fps style gameplay, laopan merasakan kurang nyaman mouse ini untuk pemakaian casual dan browsing sehari-hari. Juga untuk game tipe RTS kurang nyaman.


Pros :
- Desain ergonomisnya sangat pas untuk tangan besar
- Surga pemakai palm grip
- Bentuknya keren, laopan terpana dengan mouse ini
- Software driver sangat portable dan efektif
- Kualitas sensornya akurat dan bagus untuk dikelasnya

Cons :
- Bagi yang bertangan kecil, urungkan niat membeli radon 3k
- Pemakai clawgrip dan fingertips butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan
- Z-Axis problem diangkat bergerak kearah jam 5 ( bisa dibilang ini adalah kekurangan apabila anda meminta sebuah perfeksionis. Namun penggunaan umum hampir tidak pernah dirasakan hal ini)
- Right Left button yang keras butuh tenaga ekstra untuk menekannya
- Penggunaan sehari-hari kurang nyaman, hanya untuk game tipe FPS yang bisa nyaman.

3 comments:

  1. kok itu tags nya ada kata "Razer" nya ? =="

    anyway,bisa jadi opsi buat pilihan ane nih :D

    ane pengen jual XL-747H ane dan pengen beli mionix naos 5000 X)

    di kaskus ada yang jual 2nd harga 500,hho

    ReplyDelete
  2. jgn mionix deh... TT esport enak juga lho... wajib di pertimbangin juga... kalo aku udah jatuh cinta sama m60.... hehe

    ReplyDelete
  3. iya udah diperbaiki, murah itu bro hehehe.

    ReplyDelete