Tuesday, March 13, 2012

Review Steelseries Siberia V2 + Siberia Usb Soundcard


STEELSERIES SIBERIA V2 Fullsize Headset

Sebelum lebih jauh menggali dalam produk ini, pernahkah anda memiliki problem berikut :

1. Ingin mendengarkan lagu dengan detil, bass dan volume yang cukup tapi tidak mengganggu istri, anak, maupun tetangga.
2. Ingin berkomunikasi dengan teman-teman baik untuk kebutuhan gaming (Battlefield 3, Counter Strike, dll), tetapi menginginkan kepraktisan dalam mengeset microphone dengan kualitas penangkapan suara yang baik.
3. Ingin mendengarkan musik tetapi tidak terganggu oleh suara dari luar seperti gedung sedang dibangun, suara orang memotong keramik, dll.

Jika salah satu diatas adalah sebagai problem anda, maka saatnya melirik ke sebuah Headset. Dipasaran ada banyak beragam Headset yang beredar baik dari murahan sampai yang mahalnya minta ampun, maka Laopan akan memberikan review singkat untuk anda, sebuah produk headset dari Steelseries, yaitu Steelseries Siberia V2 Fullsize Headset.


Box dari Steelseries memang khas, kaku berbalut warna hitam


Isi didalam box hanya berisi unit headset Siberia V2, Warranty card, dan cable extension saja.


Headset Siberia ini mempunyai bentuk yang cantik dan mempunyai finishing painting yang bagus. Bahan yang dipakai juga terlihat bukan dari bahan murahan, dengan sentuhan grill besi dicat hitam pada bagian earcupnya membuat apapun warna dari headset ini tetap terlihat indah.


Jack input ada dua buah, satu untuk microphone dan satu untuk input suara stereo. Juga tersedia control panel untuk mematikan mic secara manual serta sebuah potensio rotary untuk volume. Kabel extension juga disediakan apabila membutuhkan kabel yang panjang untuk menjangkau CPU yang terletak dibawah. Dengan adanya kabel extension ini, kita bisa melepasnya ketika sedang bepergian dan membawa Siberia V2 ini untuk mendengarkan musik dengan ipod atau sejenisnya sehingga kabel tidak terlalu panjang. Juga microphone yang terbenam di headset ini bisa disembunyikan sehingga nampak seperti sebuah headphone yang cantik.


Headbandnya sendiri cukup unik, mengingat pada setiap pilar penyangga earcupnya fixed, namun Steelseries mengakalinya dengan memberikan rangka headband yang lentur, sehingga bisa menyesuaikan bentuk kepala siapapun penggunanya. Tidak usah khawatir bagi yang berkacamata, Siberia V2 ini dijamin nyaman tidak menekan telinga walau dipakai dalam jangka waktu yang lama. Namun desainnya sendiri ini, kita tidak bisa melipatnya menjadi kecil sehingga agak kerepotan juga ketika hendak disimpan didalam tas untuk dibawa-bawa.

Noise canceling dari Siberia V2 ini juga termasuk bagus. Suara dari luar teredam dengan baik, cocok untuk dipakai dilingkungan yang bising.


Dengan menggunakan 50mm driver, sangat mudah sekali bagi Siberia V2 untuk menerjemahkan frekuensi rendah. Bass dari Siberia V2 ini terdengar dengan jelas walau bukan yang terbaik namun low frequency nya terdengar jelas dan empuk. Begitupula dengan suara midnya dengan mudah 50mm driver menampilkan suara vokal yang jelas. Dari beberapa pengetesan yang dicoba, Siberia mampu melibas setiap jenis musik dengan mudah hanya dengan merubah-rubah equalizer sedikit saja.

Siberia V2 ini harus didukung dengan soundcard berkualitas. Paling tidak mempunyai output yang besar untuk mendriver speakernya. Sangat tidak disarankan memakai soundcard onboard jenis apapun, karena suara yang dihasilkan tidak maksimal dan justru cenderung sangat mengecewakan seperti headset murahan. Paling tidak anda tidak perlu bingung memilih soundcard, karena Steelseries sudah menyediakan istri bagi Siberia V2 ini dengan sebuah USB soundcard Siberia.


Menggunakan chipset dari Xear 3D yang sudah cukup terkenal dipakai dibeberapa headset terkenal, soundcard ini sangat mendongkrak performa dari Siberia V2. Memang sangat disarankan memakai Siberia USB soundcard ini karena suara yang di inginkan developernya bisa diterjemahkan dengan baik. Namun anda juga bisa memakai soundcard lainnya yang berdaya output besar.

Walau menggunakan embel-embel virtual 7.1, jangan mengharapkan suara surround seperti yang bisa dihasilkan oleh headset real 5.1 maupun speaker surround. Laopan sendiri sangat sulit melihat perbedaan virtual 7.1 dan tidak. Hanya terasa sedikit bergema saja.


Namun tak usah kecewa, kualitas detail yang diberikan kombinasi Siberia V2 dengan Siberia usb soundcard ini sangat baik untuk gaming dan film. Dengan sedikit pembiasaan warna suara dari 7.1 surround, kita masih bisa membedakan arah langkah musuh maupun suara efek lainnya dengan jelas dari perbedaan bunyinya.

Jika anda mencari headset dengan kemampuan seimbang antara music, movie dan gaming dengan mengesampingkan kualitas surroundnya, maka Siberia adalah sebuah headset yang sangat value to buy. Banyak headset beredar dipasaran dan lebih mahal. Namun dengan harga yang ditawarkan dengan noise canceling yang baik, microphone dan suara dialog yang baik serta handal diberbagai frequency suara, rasanya Laopan sangat mudah memberikan rekomendasi untuk Steelseries Siberia V2 + Siberia usb soundcard ini.

16 comments:

  1. headset impian,headset idaman yang belum kesampaian :matabelo

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya souncardnya jangan dibeli soalnya
    chipsetnya sama dgn soundcard external 50-75rb
    pakai Cmedia cuma tampilannya dibuat bagus
    mending ambil merk creative external soundcard mahal dikit tapi kualitas sangat bagus..utk headset emang mantap dgn variasi warna yg banyak

    ReplyDelete
  3. sebelumnya mohon maaf karena beberapa minggu ini ada masalah dengan koneksi internet. Untuk soundcard sebenarnya tidak perlu harus membeli Steelseries usb siberia, yang penting output powernya kuat untuk mengangkat driver dari Siberia V2. Kami mencoba pada beberapa komputer dengan soundcard onboard, hasil suara yang dihasil agak mendem. Tapi betul kata bro Adim memang soundcard siberia usb dari steelseries agak over priced.

    ReplyDelete
  4. Klo perbedaan antara real surround sama virtual surround apa yah gan ?

    ReplyDelete
  5. @willy
    - Virtual surround itu dua speaker diberikan efek sehingga seolah-olah seperti memiliki surround dengan multi speaker

    - Real Surround itu menggunakan speaker ekstra untuk menampilkan suara yang memang harus dikeluarkan dari sudut yang benar. Sebagai contoh speaker 5.1 artinya memakai speaker 5 buah dan 1 buah subwofeer yang disusun mengelilingi pendengar untuk mendapatkan efek surround yang nyata.

    ReplyDelete
  6. Gan ada saran buat settingan yang pas buat sounscardnya?

    ReplyDelete
  7. steelseries siberia V2 ini pas gasih buat games FPS seperti Point Blank?? Headset ini apa harus di setting dlu?

    ReplyDelete
  8. earphone yang didambakan ,tapi gak ada uang untuk membelinya :(

    ReplyDelete
  9. cara perbaiki headshet siberia v2 gmna ya? punya sya gk mau display suaranya, ntah ada kabelnya yg putus apa gmna jg gk tau, kalo gnti kabelnya aja ada gk ya ? mohon infonya
    thanks

    ReplyDelete
  10. gan mau tanya...lebih bagus headset pake USB ato pake jack ?
    trims

    ReplyDelete
  11. Bagus 7h atau siberia v2 ?

    ReplyDelete
  12. Buat steelseries siberia 350, cara setting yg pas gmn gan?

    ReplyDelete
  13. Gan , kalo buat siberia 350 cara setting yg pas gimana ya?
    terus suberia 350 bisa gak dipakein soundrcard biar jernih gitu suaranya gk bkin skit kuping.
    info gan

    ReplyDelete
  14. Gan , kalo buat siberia 350 cara setting yg pas gimana ya?
    terus suberia 350 bisa gak dipakein soundrcard biar jernih gitu suaranya gk bkin skit kuping.
    info gan

    ReplyDelete
  15. gan mau nanya.. seya kurang ngerti soal headset.. saya mau beli headset steel series siberia 350.. apa butuh soundcard lagi ?? atau bagusnya gimana nih ?? ada settingan lagi kah??

    ReplyDelete
  16. Kak panel kontrol steel series saya rusak . Keseringan puter puter ngak pakai perasaan . Idelanya ganti pakai apa yah . Mohon sarannya .

    ReplyDelete