Thursday, March 8, 2012

Review Logitech Z506 5.1 Surround Speakers

Logitech Z506 5.1 Surround Speakers


Logitech Z506 saat ini merupakan desktop 5.1 surround speakers termurah dipasaran, tujuannya adalah supaya kita bisa menikmati audio surround murah meriah walaupun hanya menggunakan input stereo atau soundcard on board.

Tentu saja tujuan utama dari Z506 untuk gaming, Xbox360, PS3, PS2, PC tidak masalah

Untuk menemani TV dalam menonton film pun juga tidak masalah

Walaupun murah namun nama Logitech memang bukan merek sembarangan, boxing maupun built quality nya benar-benar diperhatikan. Segala fitur utama dan spesifikasinya lengkap disajikan di cover box.
Box Z506 ini sangat ringkas, bahkan speaker sebanyak 6 unit bisa masuk ke box yang berukuran lebih kecil dari box Altec Lansing BXR1121.




Isi konten tidak jauh berbeda dengan gambarnya, bahan plastik yang dipakai sangat rapi, box subwoofer pun terlihat kokoh. Di satelit speakernya terlihat seperti ada tweeter domenya, pas disentuh pertama kali Laopan mengira itu sebuah tweeter dan ternyata Laopan salah, hanya sebuah pajangan dan memakai single driver full range speaker.


Laopan suka dengan center speakernya, selain bentuknya sangat cantik juga disediakan built in mounting untuk dipasang diatas Monitor atau TV LCD/LED.



Konektivitas headphone mempermudah kita hendak mencolokkan headset/headphone jika menginginkan privasi, juga tombol power yang disediakan sangat membantu sehingga tidak perlu merogoh belakang subwoofer seperti speaker multimedia pada umumnya. Juga potensio volume yang dipakai seperti bukan potensio murahan. Sayang tidak ada pengaturan volume treble di Z506.



Satelitnya memang tidak diperuntukkan menempel di dinding karena tidak disertakan lubang sekrup. Jadi agak repot bagi yang mempunyai keterbatasan tempat.


Koneksi cukup lengkap walaupun seluruhnya analog, tersedia volume subwoofer, 6 channel input untuk PC walaupun hanya dicolok satu input saja ke inputan hijau maka Z506 berjalan di matrix mode alias surround. Juga inputan RCA stereo. Kekurangannya adalah apabila kita mendengarkan konten stereo dari RCA input ini, maka kita tidak bisa membuatnya berjalan distereo/ mematikan fitur surroundnya.


Waktu Laopan mencoba speaker seharga Rp.750.000,- ini performanya cukup mengagumkan baik music listening, movie dan gaming. Walau suaranya cenderung high dan midnya cenderung tipis, namun suara yang dihasilkan cukup lembut. Soal subwoofer tidak berharap banyak dengan speaker dibawah 1juta umumnya karena memakai driver yang kecil, dan cenderung boomy. Namun Z506 memiliki balance yang cukup baik di low frequency nya, sehingga untuk menonton film dan bermain game masi bisa ditolelir bassnya. Butuh penempatan subwoofer yang tepat diruangan supaya suara lownya bisa terasa.

Untuk music listening karena karakternya yang lembut, tidak bikin telinga cepat lelah. Walau untuk musik-musik R&B dan Dance yang memerlukan suara bass besar dan deep kurang cocok karena bassnya keras, 

Logitech Z506 ini bisa dibilang speaker multimedia 5.1 terbaik kelas dibawah 1jt rupiah, selain built quality yang bagus, juga performa yang diberikan cukup memuaskan. Bahkan performa 2.1 nya sanggup mengalahkan beberapa speaker multimedia sekelasnya dalam hal sound quality.

Bagi anda yang ingin menikmati suasana film dan gaming surround dengan budget terbatas, maka Z506 ini adalah pilihan paling tepat buat anda. Karena bermodalkan soundcard onboard 5.1 dan Z506 maka anda bisa menikmati surround digital seperti bioskop.

6 comments:

  1. kalo untuk mendengarkan musik bergenre metal atau rock cocok gak pake speaker ini??

    ReplyDelete
  2. Z506 ini karakternya lebih all rounder. Jadi untuk semua jenis musik bisa masuk. Bassnya juga ga terlalu boomy tp juga tidak deep, tipe suaranya agak soft. Selama tidak untuk mendengarkan musik secara keras, z506 ini cukup memuaskan.

    ReplyDelete
  3. Mau tanya..klo buat ke tv bisa gk yah?suaranya keluar semua dr ke lima speaker nyam

    ReplyDelete
  4. baru kali ini ada review logitech Z506 lengkap

    ReplyDelete
  5. thanks infonya.. harganya berapa tuh?

    ReplyDelete