Sunday, January 8, 2012

Review Steelseries Sensei





Steelseries Sensei. Melihat mereknya Steelseries saja sudah pasti tahu bahwa ini adalah high quality gaming equipment. Steelseries terkenal serius dalam menggarap produk-produknya untuk keperluan gaming. Berkerja sama dengan pemain juara gaming dunia menciptakan sebuah produk gaming mouse yang dibuat berdasarkan tes demi tes oleh master-master counterstrike 1.6, starcraft 2, HoN, Doom, warcraft 3, LoL, dan tentu saja DotA. Tujuannya adalah menjadi sang juara untuk memenuhi kebutuhan dan memaksimalkan skill sang juara.

Cukup dengan iming-iming cerita dari brosurnya. Yang penting pembuktiannya. Mari kita tilik satu persatu dari Steelseries Sensei ini.



Seperti biasa box dari pabrikan steelseries semuanya mirip-mirip, desain box seolah ingin membuktikan bahwa produk ini untuk profesional gaming bukan kelas kelap kelip.

Didalamnya berisi 1 unit mouse sensei, manual, stiker dan katalog berisi deretan racun steelseries lainnya.


Melihat desainnya jadi ingat tokoh Silver Surfer Fantastic Four meet Gaban. Berbalut crom berlogo steelseries dan warna hitam memang seperti barang robot futuristik. Gold plated dan braided cable sudah menjadi lagu wajib buat steelseries. Karena mereka selalu memikirkan worst scenario on gaming. Sebentar saja langsung kita tahu bahwa ukuran dan bentuknya sama persis dengan steelseries xai, andai warna crom diganti hitam seperti xai dan tidak dalam kondisi aktif colok komputer, saya yakin bingung kita membedakan xai dengan sensei dari wujud luarnya.




Setelah dicolok komputer, langsunglah lcd bawah menyala dengan tulisan defaultnya steelseries, kemudian led warna orange menyala di scroll, led penanda, dan logo steelseries. Sangat kental nuasa kelap-kelipnya. Trus iseng saja saya bikin seperti ondel-ondel. Semua titik warna bisa diubah dengan warna yang berbeda-beda.




Secara berat sensei lebih berat sedikit dibanding xai. Begitu tangan saya menempel, yang saya rasakan adalah kenyamanan dengan lekukan pas. Walau bukan ergonomic design, ambidextrous nyaman untuk digunakan tangan kanan seperti saya. Lalu kita mulai menggerakkan mouse, langsung terasa minusnya yaitu 2 tombol disisi kanan terpencet tidak sengaja oleh jari manis dan fungsi page up page down terjalankan. Saya pikir sudahlah paling butuh penyesuaian.

Belum terlihat ganasnya sensei, saya buka profile drivernya dan langsung seperti dihadapkan sebuah kustomisasi rumit. Kurang user friendly dibandingkan produk lainnya, walau sudah disediakan presettings dari para master counterstrike dan starcraft supaya memudahkan. Rasanya mubasir membeli sensei untuk bermain di 400dpi. Langsung saja saya maksimalkan ke 11400 dpi. Jangan kaget, steelseries sensei ini dipersenjatai sebuah 32 bit prosesor setara pentium 75, yang dapat melipat gandakan sensor maksimal 5700dpi 2 kali lipatnya. Sedikit tuning pada windows acelleration pada bar ke 2. Mouse dapat dikendalikan dengan baik dan tidak liar lagi. Berjalan sangat smooth di dpi tertinggi tanpa ada jitter dan skip dengan catatan mousepad yang dipakai steelseries 4HD hard surface.

Gold Plated Usb dan Braided Cable menjadi standar wajib mouse gaming


Seperti yang saya bilang tadi, ini adalah mouse yang paling sophisticated yang ada dipasaran. Dengan beragam fitur serius yang dinamai Exact oleh steelseries. Kita mendapatkan fitur seperti angle snapping (memudahkan membuat garis lurus), Exactlift kita dapat mengatur lift distance sesuai dengan keinginan kita, Exactaim dengan memperlambat gerakan kita maka pergerakan mouse akan ikut melambat, Exactaccel kebalikan dari exactaim dengan mempercepat gerakan kita maka pergerakan mouse juga makin cepat, dan Exactsense yang memberikan kita keleluasaan untuk memilih dpi dari 1 hinggan 5700 bebas (mau 1dpi, 358dpi atau 5699dpi bisa!)

Canggih bukan? Tidak hanya itu saja. Kalau sedang bermain di gamenet lupa bawa driver, hanya perlu membalik mouse dan mengutak atik via lcd untuk menyesuaikan settingan komputer gamenet. Penyuka fitur macro juga akan menyukai mouse ini karena kompleksitas dan jumlah tombol yang disediakan.



Pada pengetesan beberapa kali memakai mousepad 4HD, terlihat pengikisan dan goresan pada mousefeet sensei. Pemakaian hardsurface sangat cepat memakan mousefeet, jadi siap-siap kantong ekstra untuk membeli mousefeet cadangan. Lalu saya mencoba di steelseries QCK mass soft surface. Yang saya rasakan terjadi perubahan pada lift distance. Kali ini mouse diangkat ikut bergerak, maka set pada exactlift saya kecilkan menjadi 3%. Walau sudah paling minimum, masi terasa sedikit gerakan ketika diangkat, juga performa speed dan akurasinya sedikit mengalami penurunan.

Overall, performanya sangat bagus. Aimnya smooth, tapi tidak letoy dan responsif. Desainnya pas untuk 3 tipe, dan ambidextrous. Bagi yang bertangan kecil atau besar tidak masalah. Mungkin inilah mouse tercangih yang ada dipasaran saat ini.

Pros :
- Most Sophisticated mouse, macro, light, custom name it!
- Nyaman ditangan, palm, claw, finger semuabisa
- Ambidextrous, pemakai kidal bisa memakainya juga
- Bisa disetting tanpa driver langsung via lcd bawah cocok buat penyuka gamenet yang lupa bawa driver

Cons :
- Rumit
- Tombol 6 dan 7 disamping mengganggu (untuk pengguna tangan kanan)
- Terasa hangat ditangan untuk pemakaian lama
- Tidak ada weight adjustment


-evoers


22 comments:

  1. gileeee mouse 1 jt... (shock)

    ReplyDelete
  2. Sesuai dengan harga yang dibayarkan, teknologi dan fiturnya paling canggih untuk sebuah mouse.

    ReplyDelete
  3. beeeuuh itu Cyborg RAT7 dan RAT9 lebih mahal kan? tapi.. ane emang ngiler sih sama fitur sensei yang:

    BISA ngatur DPI sesuka hati dan up to 11400 DPI? Hellow! What an ultimate super fast and massive supreme gaming mouse ini!! ngiler abis :D

    ReplyDelete
  4. Harusnya R.A.T 7 dan R.A.T 9 harganya tak selangit melihat harga aslinya. Mungkin di Indonesia kena pajak dll harganya melambung tinggi.

    ReplyDelete
  5. emang nih cukainya bikin harga kadang2 melonjak 40% - lebih dari 100% kalo baru2 keluar =="

    ReplyDelete
  6. bang Laopan Solotech , tau caranya nyettingin macro pada SS Sensei mouse ga ? :D baru pertama kali mau nyetting in bang
    :D

    ReplyDelete
  7. wah kalo fitur sih jelas sensei lbh unggul dari xai
    untung kenyaman kek nya sama ya
    kalo perfomance nya gmn gan
    apa lebih sensitif sensor nya
    di tunggu review kinzuV2 pro nya
    :D

    ReplyDelete
  8. saya uda pakai sensei sekitar 1bulan an,
    plusnya :
    1 mousenya enak dipegang, nyaman pas bgd buat tangan gede saya
    2 teknologi mousenya jg bagus bgd (steelseries free move bs bikin garis luruus bgd, exactaccel enak nyaman buat browsing/editing grafis, steelseries exactaim enak bgd buat aim HS game genre FPS)
    3 bling2 kyk mouse razer jd beda sm mouse ss yg lain kalo g suka bs dimatiin ko lampunya

    minusnya :
    1 cepet bgd kotor, daki cepet bgd nempel >.<
    2 driver/software krn msh baru, ada bug terutama di macro, jd susah kalau pindah komputer/mau main digamenet harus instal n setting macro lg

    ReplyDelete
  9. @reevewalker
    Bisa dibilang sensei yang tercanggih teknologinya bro. Untuk setting macro di sensei memang agak sedikit rumit. Untuk orang awam agak sedikit kesusahan bila belum pernah utak atik macro sebelumnya. Saran sih kalau mau belajar macro dengan mudah bisa lirik ke logitech.

    ReplyDelete
  10. klo menurut anda lebih prefer ke xai apa sensei ?

    ReplyDelete
  11. menurut saya sih mending ambile sensei. xai technologinya sama kaya kinzu, hanya sizenya di perbesar

    ReplyDelete
  12. Saya make sensei nih
    Uda sekitar 2bulanan...
    Sensei emang mouse impian saya sehingga saya nabung buat beli nya
    Juga saya sangt suka sensei tpi masi bingung soal exactaim etc...
    Tpi Dpi saya tau..
    Untuk egine sofwarenya rada rumit...
    Tpi saya akan belajar mengendalikan mouse liar ini...

    ReplyDelete
  13. klo pake sensei enak nya pake mousepad apa gan...?? mohon pencerahan nya....sekarang ane lagi pake talent....

    ReplyDelete
  14. @zank
    Steelseries 4HD gan, tp hard surface.

    ReplyDelete
  15. @Laopan
    klo untuk game fps seperti point blank settingan sensei yg pas gimana ya gan.....mohon di share dunk...dpi n exact2 nya

    ReplyDelete
  16. semoga yg ini bisa menjadi favorit, gw uda bolak-balik gnti mouse gaming dri dragunov, abyssus mirror, frost wyrm semuanya ga cocok dihati T_T !!!

    ReplyDelete
  17. Kalau Laopan sendiri si seluruh settingan exact Laopan slide kekiri semua alias tidak terpakai, exact lift pada settingan terendah, dan DPI main di angka 2000

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mousepad kain gimana untuk di paduin ke sensei,kira2 ada masalah ga sama tracking nya...kira2 mousepad kain apa yang paling cocok untuk sensei

      Delete
    2. 4HD gan, qck series sebenarnya juga cukup nyaman. Sensei bisa diatur lewat fitur exact lift.

      Delete
  18. nohon pencerahannya gan tentang setting sensei raw buat kurus nembak di pb sbab sampai sekarang saya masih blom bisa setting

    ReplyDelete
  19. Mohon pencerahan nya agan2 sekalian.. bagaimana cara setting macro pb sensei raw.??

    ReplyDelete
  20. Wahh gamers semua nih..
    Kemaren ane baru beli Steelseries disini.
    dari mouse, keyboard, headset, mousepad..
    lengkap semua dah.. harga juga murah..
    semoga membantu yaaaaa..

    ReplyDelete