Wednesday, November 21, 2012

Genius Twinwheel FF


Genius Twinwheel FF
Force Feedback


Geniuse Twinwheel FF adalah sebuah racing wheel controller yang bisa digunakan untuk PC maupun PS2. Namun pada tesbed Laopan hanya bisa menyediakan informasi review untuk pengguna PC. Dengan Rp.500.000,- anda sudah bisa mendapatkan sebuah Racingwheel berbahan rubber, pedal, dan fitur ForceFeedback.




Pada paket penjualan disertakan sebuah kemudi, pedal, adaptor, manual, cd driver (maaf lupa foto), dan mounting universal untuk meja. Meskipun disediakan lap attachment untuk memudahkan penempatan kemudi, Laopan tetap merekomendasikan menggunakan c-clamp yang disediakan karena prakteknya penggunaan lap attachment pada gaming session membuat kemudi sering lepas dari meja.

Meskipun berbahan murahan, namun penggunaan pedalnya tergolong ergonomis dan nyaman. Walaupun berbahan plastik seluruhnya, namun Laopan tetap dengan mudah mengatur tingkat kedalaman gas dan rem pada waktu mengemudi. Penampilan pedalnya pun meyakinkan.





Pada kemudi, twinwheel ff mencoba untuk tampil dengan fitur maksimal dengan modal minimal. Gear shifter ala F1 pun disertakan meskipun hanya berupa tombol saja dibelakang setir.





Lingkar kemudinya nyaman, meskipun tidak senyaman keluaran Logitech, namun penggunaan rubber pada lingkar kemudi sangat membantu kenyamanan meskipun tangan kita berkeringat. Juga disertakan kontroler ala playstation sehingga kita bisa menggunakannya untuk navigasi didalam game daripada harus menjangkau keyboard. Juga disediakan 4 tombol ekstra dibagian lingkar kemudi atas yang menurut Laopan, tombol-tombol ini mengganggu saat driving session tertekan secara tak sengaja.




Twinwheel FF tidak main-main dengan kata-kata Force Feedback. Benar, produk ini dijejali fitur Force Feedback yang bukan hanya sebagai fitur getar-getar saja, tapi memberikan rasa dan pengalaman menyetir seperti sungguhan. Baik dari getaran mesin, permukaan jalan, maupun jalan bergelombang dapat kita rasakan. Namun secara default justru Force Feedback dari twinwheel FF ini menyebalkan karena Laopan rasa terlalu kuat sehingga menjadi sangat mengganggu seperti seolah-olah menyetir mobil tanpa power steering. Jangan khawatir kita bisa mengurangi kekuatannya, namun penggunaan driver aslinya, mereduksi ForceFeedback juga mereduksi feel getaran mesinnya. Sehingga menurut Laopan hanya pada game-game tertentu penggunaan Force Feedback twinwheel FF ini nyaman seperti pada game Dirt 2 dan 3.

Harga memang menentukan segalanya, seperti halnya kompatibilitas pada game-game dipasaran. Pada saat Laopan mencobanya di Test Drive Unlimited 2, Twinwheel FF ini tidak bisa membaca gas dan rem dengan benar. Pada saat mengatur keys, semuanya dibaca rem atau gas sehingga sangat tidak nyaman untuk digunakan di TDU2. Namun pada game Dirt 2 dan 3, Twinwheel FF ini sangat bersinar. Feelnya sangat pas sekali untuk dikemudikan. Untuk mengeset controller ini memang sedikit repot. Sangat berbeda ketika kita membeli racingwheel keluaran logitech yang hampir 100% disupport oleh game-game racing dipasaran, sehingga kita tidak perlu mengeset tombol-tombolnya lagi.  Twinwheel FF mengharuskan kita secara manual mengeset tombol-tombolnya terlebih dahulu ketika menginstall game racing yang baru. Namun apabila hal diatas bukanlah masalah, maka Twinwheel FF sangat cocok untuk diadopsi.

Genius Twinwheel FF ini adalah solusi paling murah dengan cita rasa mahal yang kita bisa dapatkan dipasaran. Dengan hanya Rp.500.000,- kita bisa menikmati kontrol kemudi dengan fitur Force Feedback.

No comments:

Post a Comment