Saturday, December 10, 2011

Review mouse X7-747H



Mouse X7-747H adalah salah satu seri mouse gaming terbitan A4 Tech. Dibekali dengan dua laser engine yang berjalan pada resolusi maximum 3600 DPI. Tidak hanya itu aja, mouse ini juga bisa diubah-ubah secara cepat nilai DPI nya hanya dengan menekan 1 tombol yg disediakan untuk bekerja pada resolusi 400 - 800 - 1200 - 1600 - 2000 - 3600, juga memiliki tombol sebanyak 7 buah yang dapat kita ubah-ubah fungsinya sesuai keinginan kita.


Apa yang membuat spesial dibandingkan dengan mouse konvensional yang ada? Mouse ini sangat cepat, transfer rate data input dari mouse ke komputer dapat diset sampai angka 1ms (millisecond) (perbandingan mouse standar yang ditemui pasaran 8ms-12ms). Tentu fitur ini sangat penting bagi kita untuk bermain game, kecepatan reflek tangan kita dapat tersalurkan dengan baik dan akurat. Jangan khawathir bagi yang merasa berjalan di 1ms 1000hz terlalu sensitif, kita juga bisa merubahnya untuk berjalan di 125-250-500-1000hz sesuai selera masing-masing.


Mouse X7-747H ini memakai form factor ergonomic design. Walau ergonomic design, pemakaian palm grip sedikit kurang nyaman karena punggung mouse yang kurang tinggi. Walau barang produksi merek cina, tapi design gripnya tidak main-main. Pada sisi samping diberikan rubber sehingga kita yang memegangnya dengan tipe claw dan fingertips sangat merasa nyaman dan tidak licin. Hanya penempatan tombol 4 dan 5 pada samping kiri kurang pas penempatannnya, sehingga kurang nyaman ketika hendak menekannya dengan cepat.


Selain itu, kita dapat merubah-rubah berat mouse hanya dengan memutar penutup bawah dan membukanya dan dapat mengurangi berat yang ada sampai 19.5 gram apabila mouse dirasa berat. Juga teknologi antivibrate yang dimilikinya, sehingga mouse ini teorinya tidak bergerak sama sekali ketia kita mengangkat mouse. Walau pada kenyataannya kita angkat dan gerakkan pelan-pelan tetap bergerak, tetapi hal ini tidak terlalu mengganggu performa keseluruhan.


Fitur tercanggih mouse ini ada pada disediakannya memori internal sebesar 64kb untuk bermain menggunakan makro. Fitur ini biasanya sangat digemari oleh pemain MMORPG ( Massive Multiplayer Online Role Playing Games). Dimana kita selain dapat mengcustom tombol yang ada, juga kita dapat merancang kombinasi tombol dan timing dengan makro dengan mudah. Sedikit belajar sudah bisa. Sehingga dengan 1 tombol bisa melakukan serangkaian kombinasi jurus yang sulit menjadi sangat mudah.


Mouse ini memakai teknologi laser dan sangat direkomendasikan untuk berjalan di permukaan keras (hard surface, razer sphex contohnya), karena lebih akurat dan responsif. Juga tidak udah khawatir karena kita dibekali cadangan mousefeet sebanyak 2 set apabila mousefeet asli sudah habis terkikis.

Kesimpulan dengan harga di kisaran 200 ribuan menjadi mouse pilihan terbaik dikelasnya, mouse ini sangat direkomendasikan untuk gamer yang mencari mouse ekonomis tapi berkualitas karena harga murah dengan fitur yang melimpah seperti mouse mahal. Menjadikan pilihan upgrade yang baik buat gamer yang memiliki kantong pas-pasan tapi mencari mouse berkualitas.

Kekurangan mouse ini pada material yang dipakai, juga lapisan stiker gambar laba-laba yang luntur bila pemakai berkeringat dan kadang-kadang terjadi skipping and lagging pada settingan maksimal.

Semoga review ini bermanfaat menjadi referensi sebelum membeli. -evoers





7 comments:

  1. sial banget ane beli di bengkelpc.com di kaskus yang mangga dua itu tokonya,ane gak goldplated usbnya :mewek

    ReplyDelete
  2. pengalaman pemakaian nih om
    pernah ane coba pake mouse pad punya nya team scorpion yg ada gambar logo scorpion ditengah warna kuning. kok pointernya jadi geter2 ya?
    mungkin bisa diulas lagi nih tentang sensitifitas mouse ini di pad berwarna cerah khususnya putih mengingat dia khan gak punya lampu yg menghadap ke bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalahnya.. Ada di transfer rate datanya... Coba kamu turunin... Misal dri 1000hz ke 500hz

      Delete
  3. klo laser ny rusak gimana om perbaikan ny

    ReplyDelete
  4. @zenislev77
    Secara teori memang lebih baik hindari mousepad berwarna cerah, karena warna cerah khususnya putih itu memantulkan cahaya. Jadi kemungkinan sensor dari 747H yg tidak bisa diprotes memang minim fitur untuk hal permukaan, melakukan kesalahan kalkulasi.

    @anto doank
    Mungkin bisa diminta garansi dengan toko yang anda membelinya. Seperti unit review yang dipakai Laopan digaransi 3 bulan.

    ReplyDelete
  5. ane juga ada mouse macro x7 xl 747h laser nya nga mau bergerak....gimana cara perbaiki nya ya gan....padahal baru pake 2 bulan gan...kan sayang mo d buang.

    ReplyDelete
  6. i started getting glitches with my laptop keys on every laptop that i plugged it in i'm not sure why

    ReplyDelete