Monday, December 26, 2011

Review Razer Nostromo

 

Tidak terasa memasuki tahun 2012, kali ini laopansolotech berkesempatan untuk mereview gameboard keluaran Razer yang bekerjasama dengan Belkin yang memang sudah terkenal dibidang aksesoris dan networking, lahirlah Razer Nostromo yang diadopsi dari Nostromo Speedpad N52 dipoles dengan sentuhan razer, perbaikan sisi ergonomis, backlight dan yang paling penting adalah internal software khas razer.
 Belkin Nostromo Speedpad N52 vs Razer Nostromo

Sebelum membahas lebih dalam lagi, mari kita lihat dulu penampakan dan isi konten dari razer nostomo. Seperti yang dilihat dibawah ini untuk produk dari razer wajib memiliki desain box dan produk yang bagus.




Yang didapatkan dari razer nostromo yakni unit razer nostromo, stiker logo razer, katalog produk razer, sertifikat autentik, dan quick guide. Seperti produk razer lainnya, anda perlu mendownload driver sendiri di webnya.


Razer Nostromo ini diciptakan dan didesain sebagai mesin pembunuh digital didunia FPS, RTS dan MMORPG. Dengan dipersenjatai 16 tombol supercepat fully customizable makro capability dan 8 way thumb pad yang juga fully customizable, desain yang ergonomis sesuai telapak tangan kita supaya betah untuk bermain berjam-jam, juga, backlight warna biru untuk membantu penerangan diruangan gelap atau hanya sekedar mempercantik desktop, sangat ringan, 8 keymaps pada setiap profil dan dapat menampung 20 profil sekaligus. Gambaran besarnya seperti itu, lebih detailnya lagi inilah spesifikasi yang tertera di webnya :
  • Ergonomic form factor and tournament-grade layout
  • 16 fully programmable Hyperesponse keys
  • Programmable 8-way directional thumb pad and scroll wheel
  • Instantaneous switching between 8 key maps
  • Unlimited macro lengths
  • Stores up to 20 different game profiles
  • Adjustable soft-touch wrist pad for exceptional comfort
  • Backlit keypad and scroll wheel for total control even in dark conditions
  • Enhanced Razer configurator software
  • Approximate Size : 183 mm / 7.21” (Width) x 159 mm / 6.26” (Height) x 59 mm / 2.32” (Depth)
  • Approximate Weight: 297 g / 0.65 lbs

Hardware Requirements

PC with USB port
Windows® 7 / Windows Vista® / Windows® XP / Mac OS X (v10.4 and above)
Internet connection (for driver installation)
At least 35MB of hard disk space

Cukup sudah perkenalannya, mari kita tilik lebih dalam bagaimana Razer Nostromo ini berunjuk gigi.


Fasilitas backlight warna biru yang dapat diatur intensitasnya via software dan dimatikan jika dirasa mengganggu. Cukup keren walau hanya disediakan warna biru saja dibandingkan rivalnya Logitech G13 yang memiliki jauh lebih banyak warna backlight.


Tidak suka dengan kelap kelipnya ini karena dirasa mengganggu, dibagian bawah unit disediakan switch untuk mematikannya.


Mungil, kecil, ringan tapi gendut. Disediakan palmrest yang bisa menampung telapak tangan kita dengan nyaman. Untuk memakai razer nostromo secara nyaman, saya menaruhnya dimeja dengan sudut 45 derajat kekiri. Untuk posisi 8 way thumpadnya sangat pas dijempol, bahkan tombol tambahan diatasnya bisa diakses dengan mudah oleh jempol kita. Thumbpadnya sendiri memakai rubberdome 8 way berbeda dengan G13 yang memakai analog. Penempatan tombol 15 yang sebagian besar FPS player akan menggunakannya untuk menggantikan fungsi spasi "spacebar" dirasa aneh dan kurang nyaman. Menurut saya peletakkannya walau mudah dijangkau tapi jempol kita serasa ditekuk jauh melebar. Seluruh keysnya juga berbalutkan rubber finish, sehinggan dijamin tidak akan selip, walau biasanya kelemahan rubber finish ini mudah tekelupas.

Mempunyai scrollpad sendiri yang bisa diutak-atik semau kita persis fungsinya pada scrollpad mouse dan bisa diklik, mudah dijangkau menggunakan telunjuk kiri kita. Tangan saya yang besarpun bisa menempel pada razer nostromo ini dengan nyaman.

Sudah standar namanya gaming equipment harus lag free dan memiliki durabilitas tinggi. Disematkan konektor usb gold plated dan braided cable.
Fungsi lubang di antara keypad dan palmrest bukan hanya pajangan untuk mempercantik saja
 Razer Nostromo yang ringan ini bisa diangkat-angkat satu tangan hanya dengan memanfaatkan lubang itu. Konsepnya jelas nostomo ini ditujukan untuk kompetition gaming equipment. Mudah dibawa, ringan, dapat dipakai diberbagai medan adalah konsep pas untuk menggambarkan fungsi utama yang diharapkan dari produk ini.

Anti selip disetiap penghujung menjamin alat ini tidak kemana-mana dan menempel dimeja ketika digunakan bermain game

Tidak suka benjolan pada thumbpad karena kurang nyaman? Lepas saja!

Indikator led ini untuk menunjukkan keyset yang kita pakai. Tersedia 8 keyset pada setiap profile, yang dapat dipindah hanya dengan menekan sebuah tombol saja. Tombolnya juga terserah kita mau disematkan pada tombol mana. Yang pasti on the fly switch ini jelas mengurangi 1 buah tombol karena tidak disediakan switch khusus.

Bagi yang sudah terbiasa utak-atik produk dari razer yang paling menonjol memang software drivernya untuk mengubah-ubah layout tombol, fitur dan makro dengan mudah sekali lihat. Dengan sekali lihat tampilannya kita langsung tahu mau ngapain aja. Sangat mudah untuk mengutak-atik makro karena kita bisa record proses kita secara realtime. Hanya saja tidak bisa on the fly macro didalam game, jadi kita harus menghafal tombol dan timing yang ada.
Didesain untuk FPS, RTS dan MMORPG, nah saya ingin membuktikan performa dari nostromo ini. Perlu di ingat pada pemakaian pertama akan sangat membingungkan dan aneh karena belum terbiasa. Pakailah setiap harinya sampai kira-kira 2 minggu, nanti terbiasa sendiri dan anda akan berpikir untuk tetap memakai keyboard atau dengan tambahan nostromo.
1. Counter Strike Online
Disini keunggulan dari nostromo atas rivalnya G13 langsung terlihat bahwa razer nostromo ini tidak bermasalah dengan hackshield walau ketika kita menjalankan fungsi makro langsung terdepak keluar windows. Layout tombol defaultnya perlu kita rubah sesuai dengan keperluan cso, saya melayout ulang tombol 1-4 saya sematkan pada thumbpad, tombol 5 pada 1 tombol diatas thumbpad, dan sedikit merubah untuk tombol ctrl dan shift untuk step. Pada saat bermain pertama kali langsung terlihat kita membutuhkan kekuatan pada jari untuk menekan tombol dengan nyaman. Saya mencobanya dengan kekuatan minim malah terasa kurang nyaman.

Seperti yang saya bilang diatas, untuk penggunaan lama sungguh terasa tidak melelahkan karena faktor ergonomisnya itu. Agak aneh memang pertama kali, kadang salah memencet. Begitu terbiasa, ternyata nyaman dipakai. Sedikitnya tombol yang tersedia, kita tetap harus menggunakan keyboard untuk proses membeli senjata.

2. Allods Online
Pertama kali bermain langsung terasa sekali bahwa nostromo ini sangat kurang pada jumlah tombolnya, berbeda dengan G13 yang jauh mempunyai banyak tombol sehingga saya harus menggunakan thumbpad untuk bergerak. Setelah beberapa kali uji coba, saya telah menemukan settingan pas. Jurus yang biasa dipakai disusun rapi, kemudian 1 jam kemudian dengan utak atik pada software sudah mempunyai 2 buah makro jurus untuk finishing dengan timing ya dibilang lumayan kalau tidak lag. Susah memang mengarang indah berpindah alt+tab.

Setelah segala sesuatunya dirasa beres, ternyata nyaman bermain dengan nostromo ini untuk MMORPG. Tangan tidak harus sering-sering berpindah pindah sehingga tidak melelahkan untuk hunt lama.

Conclusion :
Razer Nostromo ini memang didesain untuk gamer yang utamanya ingin berpenampilan keren, jujur saya lebih menyukai G13 dalam hal jumlah tombol, analog vs 8 way thumbpad, dan profilenya jauh lebih mudah hanya dengan tombol scan logitech sudah menyertakan default layout masing-masing game yang disupport. Berbeda sekali dengan nostromo yang defaultnya umum untuk fps dan harus mengedit sendiri untuk semua jenis permainan.

Ringan, ya razer nostromo sangat mudah dibawa-bawa, terasa durable, dan lumayan mungil. Jauh lebih mudah dibawa-bawa, mau ditaruh dipaha disandingkan dengan laptop pada saat bepergian sangat mudah sekali. Hanya sayang terlalu driver oriented, jadi harus install driver dahulu dan membawa profile dari rumah kalau mau bermain Lan Party di game center.

Bagi yang ingin melengkapi desktopnya dengan produk razer, kelap kelip warna biru, bermain CS online karena G13 kena hackshield, terlihat keren, menggantikan fungsi keyboard flat pada laptop yang tidak nyaman. Produk seharga Rp.600.000,- ini cocok buat anda. Jika tidak mengutamakan cs online dan game-game yang tidak memakai hackshield, saya menyarankan pilih G13 karena jauh lebih banyak fungsinya.

Semoga review dari saya ini membantu. Sekian Terima Kasih. -evoers

2 comments:

  1. di tunggu buat reviewnya....

    ReplyDelete
  2. Lagi direview gan, sabar yah ntar kalau terburu-buru malah tidak akurat reviewnya. hehehe

    ReplyDelete