Sunday, December 11, 2011

Review Headset Logitech Clear Chat Style™







Headset keluaran logitech seri Clear Chat Style™ ini merupakan headset ekonomis keluaran logitech memakai desain Behind the Head yang mana menjadi penopang utama headset ini adalah telinga kita sendiri. Desain ini akan menjadi masalah apabila kita mengenakan kacamata menjadi tidak nyaman karena gagang kacamata berdempetan dengan gagang headset ini. Juga desain ini menyebalkan apabila kepala kita menghadap keatas maka posisi gagang dibelakang kepala kita akan terkena punguk dan posisi headset berubah.


Isi konten dari headset ini sendiri terdiri dari 1 unit headset Logitech Clear Chat Style™ dan 4 Macam color plates dengan warna berbeda beda (hitam, merah, biru, oranye).


Ear cushion headset ini hanya diberikan satu sepasang kanan kiri yang menempel pada headset. Bahan dari ear cushion cukup lembut tapi tipis dan terbuat dari bahan busa. Hal ini cukup merepotkan ketika tidak sengaja kita merusaknya ketika membersihkannya sehingga menjadi tidak nyaman sekali tanpa ear cushion.

Memiliki 2 buah jack untuk speaker dan mic 3.5mm analog yang dapat langsung dibedakan mana yang untuk microphone (merah muda) dan untuk speaker (hijau), juga ada penanda gambar mic dan headphone pada jack tersebut sehingga tidak sulit untuk menancapkan headset ini pada PC dan Laptop. Juga memiliki unit kontrol yang bisa diakses untuk mengatur volume dan sebuah switch untuk mematikan mic apabila tidak dipakai. Juga dibalik unit kontrol terdapat pin untuk menempatkan di baju supaya unit kontrol ini tidak memberatkan pengguna.



Microphonenya sendiri bisa diatur ketinggiannya sehingga jarak mulut dan mic bisa pas.


Headset ini mempunyai spesifikasi berikut :

  • Frequency response:
    headset: 20-20,000 Hz
    microphone: 100-10,000Hz
  • Sensitivity: -59 dBV/uBAR, -39 dBV/Pascal +/-3dB
  • 8' shielded cord with 3.5mm analog plug
Juga microphonenya sendiri memiliki fitur noise canceling, jadi kita bisa berbicara dengan lawan bicara kita dengan jelas.

Lantas bagaimana dengan performa headset ini sendiri? Logitech Clear Chat Style™ memiliki karakter suara yang cenderung flat. Ini bagus buat kita yang menyukai musik-musik lembut, pop, rock dan untuk penggemar bass boomy, rnb, dance akan sedikit kecewa dengan suara headset ini karena bass yang dihasilkan tidak cukup rendah tapi cukup bulat. Suara mid dari headset ini sangat bagus untuk diharga rentang 150rban, treble juga bisa dibilang cukup.

Karena headset ini memang diciptakan untuk komunikasi, maka kurang cocok untuk menonton film walaupun karakter suara midnya cocok untuk menonton film, tapi bas yang dihasilkan kurang memuaskan. Tapi sangat bersinar ketika headset ini dipakai untuk bermain game karena suara yang flat dan microphone yang sensitif cocok untuk game multiplayer kompetitif tetapi tidak untuk game single player. Sekali lagi bas yang dihasilkan kurang menggelegar. Yang paling saya sukai adalah noise dari headset ini terbilang minim (tentunya dengan dukungan soundcard yang mumpuni juga).

Untuk pemakaian lama tidak sesuai iklannya mungkin karena saya berkacamata, jadi dibagian telinga sakit dan leher terasa tegang.

Overall, Headset Logitech Clear Chat Style™ ini memang ditujukan bagi orang yang menginginkan kualitas suara dan komunikasi yang baik dengan harga yang tidak mencekik. Performa yang dihasilkan tidaklah mengecewakan karena saya rasa cukup solid untuk bermain game-game kompetitif macam counter strike dan dota.

Sekian dan semoga review dari saya cukup membantu. -evoers

Referensi  Logitech Stereo Headset H230

2 comments: