Tuesday, December 20, 2011

Review Roccat Arvo


Roccat Arvo gaming keyboard





Pada kesempatan kali ini saya akan mereview gaming keyboard pabrikan roccat ini yakni Roccat Arvo. Keyboard ini seri paling kecil dibandingkan kakaknya seri isku dan valo. Walau seri paling kecil namun gaming keyboard ini tidak dapat dianggap remeh, bahkan pemain pro pun akan melirik keyboard ini sebagai pendamping mereka. Nah penasaran kan fitur dan keunggulan keyboard ini?





Desain box luar sangat menarik dengan balutan warna hitam, biru dan putih serasa sejuk dan bukan barang murahan bila dilihat dari box luar. Memang bukan murahan karena keyboard ini sendiri dibanderol 580rb. Ketika mengangkatnya seluruh beban box sebelum dibuka cukup terasa berat. Seluruh teori fitur, gambar, dan testimonial pemain pro tercetak di box arvo ini.


Setelah dibuka terlihat keyboardnya ternyata jauh lebih kecil dibandingkan ukuran boxnya. Keyboard arvo dibalut plastik pembungkus.


Setelah dibongkar berisi keyboard itu sendiri, buku manual dan cd driver.

Kesan pertama mengangkat keyboard ini adalah lebih berat sedikit dibandingkan dengan razer arctosa dan logitech new touch keyboard. Bodinya sangat kompak dan mungil, nampak keypad dan numpad dilebur jadi satu sehingga ukuran keyboard berkurang drastis dan tombol f1-f12 serta esc dipangkas sampai mungil dipojokan atas. Jelas dimensi keyboard ini menjadi 3/4 keyboard standar tanpa palm rest. Menggunakan fullsized keys dan profil medium persis seperti arctosa. Ketika tombolnya saya pencet langsung terasa empuk sekali dengan feedback keatas. Lebih empuk dari arctosa namun lebih berat sedikit.

Cukup dengan dipegang-pegang. Waktunya tes sekarang. Ketika saya letakkan dimeja saya langsung terasa ini keyboard memang diciptakan sebagai keyboard compact untuk tempat yang terbatas atau pemakai yang suka bepergian dibawa ke gamenet atau keluar kota.

Dengan meja sesempit ini disulap oleh arvo semuanya menjadi muat.

Keyboard ini dibekali dengan polling rate 1000hz yang dijamin kecepatan transfer datanya sebesar 1ms memang bukan cuman embel-embel, anti ghosting ability yang bukan bualan tetapi hanya sekitar "asdw" dan sekitarnya saja, lampu led warna biru pada keypad, capslock dan tombol mode juga 3 buah tombol makro ekstra dibawah spasi.







Keyboard ini mempunyai rangka dalam besi sehingga ketika diangkat memang kokoh tapi agak berat, dan kabel usb belum braided wire dan konektor usbnya belum gold plated. Bentuk konektornya yang unik agak membantu kita mencari kabel mana yang hendak dicabut tidak perlu melihat kebelakang cpu.



Saya mencobanya untuk mengetik sepuluh jari, keyboard ini tergolong nyaman untuk mengetik karena medium height size keys dan medium pressure pointnya memang didesain untuk mengetik dalam jangka yang lama dan cepat. Hanya lembutnya tombol merasa setiap ketikan tidak ada suara klik kurang mantap menurut saya, tapi itu terserah selera masing masing sih kalau suka soundless pasti suka dengan keyboard ini.

Lalu mencobanya untuk gaming. Tes ini wajib mengingat ini gaming keyboard bukan office keyboard jadi pengetikan cepat bukanlah yang utama.

1. Need for Speed The Run
Ketika mencoba bermain Need for Speed The Run tombol keypad mode saya aktifkan. Mudah sekali walaupun dalam kegelapan untuk melihat mana keypadnya. Digabungkannya keypad dengan numpad tidak mengurangi rasa nyaman ketika memainkan game ini menggunakan keypad. Tombolnya responsif dan mengesankan.

2. Counter Strike Online
Manuver bergeraknya responsif dan tidak pernah gagal bergerak pada saat kondisi genting. Anti ghostingnya bekerja dengan baik. Tombol windows keynya bisa dimatikan dari drivernya tidak usah mencabut tutsnya apabila sering kecelakaan terpencetnya tombol windows ketika tembak menembak. Saya rasa tidak ada masalah untuk game ini, nyaman tombolnya. Hanya absennya palm rest tidak nyaman sekali menaruh keyboard ini pada pinggiran meja. Ketika iseng mencoba menggunakan makro langsung ditendang keluar sama hackshield game ini.

3. Allods online
Ketika mencoba-coba dengan tombol makro, ternyata total yang disediakan keyboard ini hanyalah 5 tombol makro dengan 5 profile. Agak repot juga sih kalau kita berganti-ganti game harus menyimpannya kedalam file tidak seperti arctosa semua tombol bisa dijadiin makro.



Karena tidak ada record on the fly, jadi kita harus mengarang makro kita sendiri dengan membayangkan tombol yang kita tekan. Kita coba kurang bagus, edit sedikit coba lagi sampai mantap terus simpan. Membuat makro di keyboard arvo ini mudah. Hanya memerlukan sedikit logika pemrograman mudah.

Tombol makro di numpad 1 dan 3 juga bisa dinonaktifkan via driver.

Overall keyboard ini recommended bagi yang menginginkan gaming keyboard berkualitas namun tidak menyita tempat. Juga bisa memberikan ruang gerak lebih untuk mouse kita. Rasanya harga 580rb cukup reasonable untuk keyboard kokoh ini.

Kelebihan :
1. Desain super kompak 3/4 size keyboard biasa sehingga sangat membantu untuk meja sempit/ kecil
2. Memberikan ruang yang luas sehingga tangan tidak perlu terlalu melebar
3. Tombol makro di bawah spacebar mudah dijangkau
4. Mudah dimasukkan tas untuk dibawa-bawa
5. Responsif 1ms dan anti ghosting capability
6. Bodi kokoh dan built quality nya bagus

Kekurangan :
1. Dihilangkannya beberapa tombol dan dilebur menjadi satu pada numpad sedikit merepotkan untuk penggunaan sehari-hari
2. Sedikit berat.
3. Tidak adanya palmrest kurang nyaman ditaruh di pinggiran meja.
4. Tidak adanya multimedia keys
5. Sedikitnya tombol makro kalah dengan kompetitornya sama sama rubberdome dengan harga yang sama. 

Semoga review dari saya bermanfaat buat anda yang mencari referensi.

-evoers


8 comments:

  1. enak ni keyboard.... kalo buat dolan2 ke warnet bisa masuk tas laptop...tahan banting lagi....

    ReplyDelete
  2. enak sih enak,harganya ane mikir2 dulu nih T^T

    tapi keren banget macronya itu!! di bawah spasi XD

    ReplyDelete
  3. kalau tombol macro sebanyak 5 dirasa cukup sepertinya kibor ini pas karena mungil, compact, dan rigid.

    ReplyDelete
  4. cuma 5 doang yang bisa diedit sebagai macro? macro buttons itu sendiri yo? hmmm,cukup lah. Ane ngincer yang mungil dan simple,portbale,ringan,pencetan empuk seempuk keyboard laptop,kuat key2nya,anti-ghosting,macro 3 aja cukup,disable windows button (gaming mode),dan pastinya: MURAH! #NasibAnakSMA
    hhe

    ReplyDelete
  5. @lazuandi
    iya 3 tombol macro dibawah spasi dan 2 tombol macro di bagian keypad tombol 1 dan 3. Kalau itu cukup, laopan rasa kibor arvo ini cocok banget. Khususnya yang space mejanya terbatas dan mudah dibawa-bawa untuk ke gamenet.

    ReplyDelete
  6. ohh segitu cukup sih,yang penting macro 3 dan ada anti ghosting aja. Terus juga pas banget meja ane sempit banget ini,tapi ane jarang sih ke gamenet2 gitu,paling dibawa ke sekolah kelak :p

    baca2 lagi ahh

    ReplyDelete
  7. ituh keybord tombol2 ny nyala kgk sih kaya fersi isuku?

    ReplyDelete
  8. laopan solo tech teamMarch 19, 2012 at 11:41 PM

    nyala di beberapa tombol saja. misal bila masuk game mode. maka tombol panah akan menyala buat kasih tanda biar gak binggung.

    ReplyDelete