Saturday, December 10, 2011

Review Tt esports BLACK


Mouse keluaran Ttesports Black pabrikan Thermaltake ini didesain untuk bermain game khususnya FPS (First Person Shooter; eg. counter strike, battlefield, etc). Biarpun pabrikan baru, namun produk keluaran thermaltake ini bisa bersaing cukup ditengah gempuran Steelseries, Razer, Roccat, dan sejenisnya. Walaupun mouse ini hadir direntang harga 400rban, namun performanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Sederetan fitur canggih dimiliki oleh si bleki ini.


Dengan dipersenjatai sensor laser philips yang dapat berjalan di 4000 DPI yang dapat diubah ubah dengan 4 tingkatan default umum dipakai 400/800/2000/4000 siap pakai dengan indikator lampu petunjuk. Tidak puas? Silahkan set sesuka hati mulai dari 100 dpi sampai 4000 dpi yang dapat disimpan pada setiap tingkatan.  Tidak puas? Bahkan dpi vertikal dan horisontal bisa diset sesuka hati. Contoh dpi vertikal 400, dpi horisontal 800.


Tidak hanya bermain di dpi saja, kecepatan double click, percepatan cursor maupun scroll bisa diubah ubah. Juga nilai polling rate bisa diubah pada angka 125hz 8ms, 500hz 2ms, dan 1000hz 1ms. Nilai polling ini sangat penting sekali, karena dengan transfer input data dari mouse ke cpu sebesar 1ms sangat membantu sekali dalam bermain game. Sehingga sudah pasti mouse standar (8ms) lebih lambat reaksinya dibandingkan Ttesports BLACK.


TTesports BLACK sendiri memiliki desain mouse ergonomis sehingga sangat tidak nyaman untuk pengguna yang bertangan kidal. Mouse ini tidak cocok untuk yang bertangan kecil karena mouse ini tergolong gendut dan pemakai tipe fingertips grip akan kesusahan disebabkan desain benjolan pada ibujari mengganggu karena menonjol.



Juga penggemar MMORPG agak sedikit kecewa dengan tombol ekstra yang minim. Tapi jangan kecewa dulu, mouse ini menghadirkan kustomisasi yang mumpuni, setiap tombol dapat dikustom dan dapat melakukan perintah makro dengan sangat mudah sekali penerapannya.



Dengan kabel yang dibukungkus kain (braided cable) kabel mouse menjadi lebih awet dan gold plated connector mampu meminimalkan lag yang terjadi karena konektor usb.


Fitur pemberat dapat diubah-ubah berat mouse dengan kelipatan 4.5g sebanyak 5 buah pemberat sesuai kenyamanan tangan, juga mousefeet yang terbuat dari bahan teflon diklaim mempunyai tingkat durabilitas dan gesekan minimal yang baik dengan mousepad. Serta mendapatkan sebuah tas pocket kecil untuk menyimpan mouse ketika hendak dibawa bawa untuk bertanding.


Mouse ttesports Black performanya sangat bagus ketika berjalan di hardsurface karena tipe laser, juga untuk pemakai yang suka mengangkat mouse saat bermain akan sangat puas sekali dengan performa mouse ini, karena ketika diangkat kursor tidak bergerak. Mouse scroll yang sangat lembut jg menjadi nilai lebih, juga disediakannya 2 tombol default untuk mengganti sensitivity on the fly naik dan turun sehingga tidak perlu memencet tombol berkali kali untuk menurunkan dpi. Bila warna lampu merah pada logo Tt dan mouse scroll dirasa mengganggu juga dapat dimatikan.

Akurasi mouse ini tergolong tinggi tapi ringan. Cocok untuk FPS dengan reaksi cepat. Juga grip karet dijempol dan cat finishing rubber coating sangat membantu sehingga mouse ini tidak licin ditangan.

Segala sesuatunya produk tidak ada yang sempurna, semua ada kekurangan. Posisi mousefeet penempatan ring ditengah sepertinya agak mengikis mousepad. Sehingga kemungkinan pada jangka pemakaian lama, mousepad bisa terkikis. Saran saya mudah tinggal dilepas saja mousefeet tengah, tidak mengganggu performa pemakaian.


Pecinta mouse ringan juga mungkin akan menjauhi produk ini, karena mouse ini tergolong lumayan berat dan gendut. Unit yang saya review entah memang menggunakan switch yang berbeda atau memang ada yang salah. Klik kanan dan kiri mouse berbeda, yang kanan lebih ringan sehingga sering kecelakaan terpencet secara tidak sengaja pada penggunaan awal-awal. Direkomendasikan menggunakan hard surface, bila terlalu licin barulah pindah ke soft cloth.

Sekian review dari saya, semoga membantu. Terima Kasih. -evoers

2 comments:

  1. saya pake... cuma ini mouse rada gemuk.... tp overall enak + responsif bgt

    ReplyDelete
  2. ane setuju banget gan, mouse ini enak n responsif. Bentuknya walau gemuk tapi bila sudah terbiasa, percaya deh susah berpindah kelain hati.

    ReplyDelete